Friday, February 5, 2016

MENJADI IMPORTIR BARANG PRODUKSI CHINA

Penulis pernah mengikuti pelatihan importir.org dan sudah membeli dan menjual barang import dari china

Apakah pernah terpikir dalam benak anda untuk menjadi seorang importir ? terpikir menjadi seorang pengusaha dengan modal tidak lebih dari 10 juta rupiah. beberapa hal yang menyebabkan tidak pernah terpikir untuk mencoba meng import barang dari luar negeri antara lain adalah
  • Takut karena tidak mempunyai surat ijin impor
  • Takut karena tidak memiliki modal banyak
  • Takut karena belum mempunyai perusahaan sendiri.
  • Tidak tahu prosedurnya.
  • Tidak tahu tempat belanja yang recommended dimana.
  • Takut tertipu oleh penjual palsu
  • Takut barang tidak sampai.
  • Pusing mikirin pajak bea cukai nya
  • Ragu karena tidak bisa bahasa Chin
Blog ini akan membantu anda menjadi seorang Importir barang barang produksi china.
 
Barang barang Produksi China

Mengapa Harus Barang Produksi China

Terima kasih bagi anda yang mau meluangkan waktu membaca panduan ini yang mana jika dijalankan dengan sungguh sungguh semoga dapat merubah nasib anda lebih baik dengan menjual barang produksi china melalui import barang dari china.

mengapa harus dari China ? karena sebagian besar barang barang yang ada di dunia di produksi di China, mungkin anda akan terkejut jika mengetahui beberapa produk ternama asal Amerika di produksi di china bibawa ke Amerika, di beri label dan dijual seolah olah buatan Amerika, begitu juga dengan negara lain. Beberapa pengusaha indonesia juga menerapkan demikain membeli produk China tentu dengan jumlah yang besar dengan mendatangi langsung Pabriknya dan langsung mencantumkan merek dagang nya kemudian di import ke indonesia di indonesia barang tersebut bisa laku bagaikan kacang rebus di musim hujan.

Dalam hal memilih produk untuk dapat dijual, tidak perlu memikirkan produk yg aneh, anda cukup melihat disekitar atau di sekeliling anda apa saja yang kebanyakan orang pakai atau orang butuhkan itu manandakan barang tersebut laris dan mudah di jual. Bisa juga anda mengunjungi beberapa situs penjualan online anda dapat melihat produk yang lagi trend banyak di cari orang. 

Jika dulu trend batu akik, kenapa kita tidak menjual cincinnya? Beli cincin dari china dan jual dengan harga murah kepada penjual batu akik. Cincin tersebut dapat anda beli di china ¼ dari harga yg ada dipasaran dalam negeri. Intinya kita harus jeli melihat apa yang lagi laku di jual dipasaran saat ini. Tinggal bagaimana anda mengemas produk tersebut sehingga menjadi laris manis. Mungkin dengan memberikan harga termurah sampai memberikan garansi uang kembali.

Anda bisa menjual casing atau Cover handphone, jam tangan, pakaian, sepatu, mainan anak, kacamata dan masih banyak lagi. Ada jutaan produk yang bisa anda jual, tetapi saya sarankan untuk memilih satu produk yang anda fokuskan untuk dijual dan gunakan faktor pengali dari jumlah barang yang anda beli untuk menutupi biaya pengirimannya.


Dimana Membeli Barang barang Produk China

Yiwu Market

Di China terdapat sebuah kota yang bernama Yiwu. disana terdapat pusat perdagangan berbagai macam barang-barang produksi china adalah Yiwu Market, Yiwu market ini terdiri dari 5 bangunan (5 district) dengan luas total area pertokoan dari 5 district tersebut hampir 400 hektar yang terdiri dari 4 lantai. Ada lebih dari 80.000 toko di Yiwu market ini

Yiwu Market

Pertokoan di Yiwu Market

Jika anda sudah memiliki gambaran barang apa yang akan dicari untuk dijual, anda tidak perlu membayar mahal untuk sampai di China dan datang ke Yiwu. Cukup bermodalkan Internet anda sudah bisa mencari barang barang yang anda inginkan. karena pemerintah china telah membuat website khusus untuk para pedagang yang memiliki toko di Yiwu market. dan hanya pedagang resmi yang boleh memasang produknya di website ini. Nama website yang dikelola oleh pemerintah china tersebut adalah yiwugou.com


Tampilan Web Yiwugou

Di Web ini anda bisa mencari barang barang yang anda inginkan. Cukup dengan mengetik kata kunci pada menu Search. Misalnya anda mecari MP3 Player untuk anda jual anda cukup mengetik "mp3 player" maka akan tampil beberapa pedagang MP3 Player dengan berbagai macam jenis merek dan penawaran harga.

di sini penjual mengunakan QQ Messenger untuk berkomunikasi dengan para pembeli, unduh dan instal aplikasi QQ Messenger di komputer anda kemudian Login ke www.QQ.com untuk registrasi akun QQ anda kemudian anda baru bisa menggunakan QQ Maseenger menghubungi atau chat dengan pemilik toko karena sebagian besar penjual di Yiwu Market menggunakan layanan QQ Messenger. Biasanya mereka online 24 jam.

Alibaba.com

Selain Yiwu Market melalui websitenya anda juga dapat mencari barang dan bertransaksi di Alibaba.com pertama tama anda harus memiliki acount untuk dapat login di Alibaba. untuk bertransaksi dengan penjual biasanya kita terlebih dahulu mengirimkan email untuk menanyakan barang tersebut dan mereka akan menghubungi kita kembali lewat email untuk memberikanpenjelasan mengenai barang yang mereka jual.
Jika bertransaksi lewat alibaba.com pilihlah toko dengan reputasi baik, sebagian besar mereka adalah pedagang profesional dan sudah lama berdagang di alibaba.com.


Tampilan Depan web alibaba.com


alibaba.com



Keuntungan Membeli barang Produk China

Mari kita mencoba untuk mencari barang barang produk china yang laku di pasaran indonesia salah satunya MP3 Car Player.


Hasil Pencarian Untuk Car mp3 Player


Selisih Harga Jual
Perhatikan untuk harga Car MP3 Player yang anda cari disini harganya sekitar 2,5 U$. 
Jika 1 U$ = Rp. 14.000 
berarti 2,5 U$ x 14.000 = Rp. 35.000.   
harga termurah saat ini di indonesia untuk produk ini adalah Rp. 90.000


Perhitungkan biaya pengiriman 
Pengiriman minimal mengunakan packing berukuran 1m3
biaya pengiriman untuk Packing berukuran 1m3 adalah Rp. 4.000.000 
Di dalam Packing 1m3 tersebut kita anggap cukup untuk 500 Pcs MP3 Car Player.
Sehingga kita anggap Rp. 4.000.000 / 500Pcs = Rp. 8.000
Jadi biaya pengiriman 1 pcs MP3 player tersebut adalah Rp. 8.000

Harga Jual di Indonesia
Sehingga dapat kita peroleh untuk harga jual di indoesia 
harga beli Rp. 35.000 + Biaya Ekspedisi Rp. 8.000 = Harga modal Rp. 43.000. 


kalau kita bisa menjual dengan harga termurah seperti yang beredar di pasaran yaitu 90.000 maka kita bisa memperoleh keuntungan :
Harga Jual    : 90.000
Modal            : 43.000
Keuntungan : 47.000
Jika 500 Pcs terjual habis maka keuntungan yang anda peroleh 
Rp. 47.000 x 500 Pcs = 23.500.000

Jika anda ingin agar barangan dagangan anda cepat habis anda bisa menjual kepada pengecer atau toko toko elektronik tentu dengan harga yang lebih murah dari pada harga ke konsumen langsung, misal anda bisa menjual dengan harga Rp 60.000 kepada salah satu pengecer / toko dengan catatan mereka mengambil minimal 50 Pcs, masih di atas harga modalkan walau untungnya tidak sebesar anda menjual ke konsumen tetapi dagangan anda dijamin cepat habisnya.

Perlu di ingat menjadi importir haruslah teliti dalam membeli barang karena menyangkut biaya pengiriman yang mahal Rp. 4.000.000 untuk 1m3, sehingga di usahakan membeli barang yang bisa masuk dalam jumlah yang banyak ke dalam packing 1m3 karena untuk menutupi biaya pengiriman barang tersebut.
Jika anda mengambil dengan kuantitas yang banyak maka harga dapat dikurang lagi. Bersikap aktif dalam bertransaksi untuk mendapatkan harga yang cocok. maksudnya pembeli bernegosiasi langsung baik melalui email atau pun chating melalui QQ Messenger, tenang mereka menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan kita. 



Mari Kita Mulai Menjadi Seorang Importir

I. Mencari Barang yang akan dijual

Berjalan jalanlah anda ke Pusat perbelanjaan, Mall, Pasar Tradisional, dll atau searching ke situs penjualan online seperti Tokopedia, Lazada dll. Lihat barang apa saja yang laris di beli orang dan berapa harga jualnya di indonesia. Kemudian cobalah mencari barang serupa di yiwogou.com  atau pun di alibaba.com dengan kata kuncinya sesuai dengan produk yang anda cari. kemudian bandingkan harganya dan biaya pengirimannya jika sesuai bisa di jadikan referensi sebagai barang yang ingin kita beli di China.

II. Menghubungi Penjual di China

Hubungi penjual produk tersebut melalui layanan QQ Messenger jika anda bertransaksi di yiwugou.com  dan jika anda membeli dialibaba.com anda bisa menggunakan layanan email ataupun Whatsapp, BBm karena ketika anda Login di alibaba data data anda sudah tercatat sehingga mereka cepat tanggap ketika anda menghubungi mereka.
Cobalah tanya apakah bisa berbicara dalam bahasa nggris. Biasanya mereka selalu berkomunikasi dengan pembeli dalam bahasa inggris karena mereka melayani pembeli dari seluruh dunia.
Mulailah percakapan dengan menanyakan kwalitas barang, berapa harga yang di dapat jika mengambil jumlah tertentu. Berapa volume packing barang tersebut, dan jaminan garansi untuk barang tertentu.


III. Mencari Agen Pengiriman / Foewarder

Agen pengiriman / Forwarder disini bukan seperti kantor pos, JNE,  dll. Ini adalah jasa pengiriman LCL atau less Container Load yang artinya dalam satu konteiner barang kita disatukan dengan beberapa barang kiriman orang lain yang digabungkan menjadi satu konteiner tersebut.
Setiap orang atau perusahaan yang punya izin import ataupun yang tidak punya izin import bisa mengunakan jasa layanan ini. disini kita mengunakan jasa layanan LCL untuk membeli barang dari China karena segala administrasi sudah dibayar dan di urus perusahan cargo tersebut.
Ada banyak sekali jasa pengiriman LCL dari china ke indonesia. seperti beberapa layanan LCL antar lain :
  1. Haris Global cargo
  2. Prima logistic
  3. Indoprima Trans
  4. Mahkota Logistic indoraya
  5. Shenzhen WingSpeed
  6. Dimerco
  7. Konghai Express
  8. Dll
Silahkan anda cari informasi sedetil detilnya dari cargo yang ada di atas dengan mengunjungi webnya atau telepon langsung tentang berapa biaya per meter kubiknya, cara pembayaran dan sebagainya. Setelah itu mintalah untuk menjadi rekanan anda untuk mengirim barang anda dari china ke indonesia.


V. Marking Code

Marking code ini gunanya sebagai penanda barang kita nantinya yang akan di import melalui cargo dari perusahaan ekspedisi/cargo yang sudah anda hubungi sebelumnya untuk di ajak bekerja sama dalam mengirimkan barang pesanan anda dari china. 
Mintalah marking code kepada perusahaan ekspedisi/cargo tersebut. Misalnya anda menggunakan layanan Haris Global Cargo maka marking code anda adalah HGC/code_nama anda. Contoh HGC/ANDA artinya pengiriman melalui Royal Timur semesta atas nama Andy (inisial nama diberikan oleh agen pengiriman kepada anda)
Setiap barang yang anda beli dari china harus dibuatkan marking code anda. Jika tidak barang yang anda beli dari penjual di china tidak akan sampai ketangan anda. Setelah barang tiba di jakarta cargo agen pengiriman anda langsung mengetahui mau dikirim kemana barang anda melalui marking code yang tertera di paket anda.


Barang yang sudah di tempel Marking Code


V. Memastikan Gudang Cargo Forwarder di China

Karena anda memesan barang dari website Yiwugou.com maka pastikan Agen pengiriman cargo yang anda pilih memiliki gudang di yiwu untuk memudahkan penjual mengirim barang ke gudang cargo agen pengiriman anda
Jika anda memesan di alibaba pastikan dulu kota penjualnya biasanya tertera di alibaba misalnya Guanzhou dan pastikan agen pengiriman anda memiliki gudang cargo Guanzhou. 



VI. Memastikan Biaya Pengiriman

Di sini kita akan mengunakan kargo laut maka cara menghitung biaya pengiriman anda berdasarkan kubikasi (1m3). Panjang x lebar x tinggi = total kubikasi.
Kubikasi ini penting untuk diketahui ketika anda membeli barang di china. Harga pengiriman biasanya bervariasi untuk masing2 agen pengiriman. Biasanya rata2 untuk 1m3 adalah 4.000.000 rupiah. Kebijakan agen pengiriman juga bermacam macam ada yang menetapkan minimal pengiriman 1m3 ada juga yang menetapkan berdasarkan kubikasi paket tersebut jika dibawah 1m3.

Contoh sederhana. Jika anda membeli barang dengan jumlah 1000Pcs dengan volume packing 1m3 maka anggaplah biaya pengiriman Rp. 4.000.000 / 1000 = jadi anggaplah 1Pcs barang di kenakan biaya Rp.4000 Untuk diketahu bahwa pengiriman dari china masuk melalui jakarta. Sehinggajika anda berada di luar Jakarta maka anda dikenakan ongkos kirim lagi dari jakarta ke kota anda.

Jadi, anda harus menghitung semua keseluruhan ongkos kirim dari china sampai ke kota anda yang tentunya ini harus dimasukan kebiaya dan sebagai pertimbangan untuk menentukan harga jual barang anda.
Ada baiknya utuk biaya pengiriman di konsultasikan terlebih dahulu kepada agen pengiriman anda ketika anda hendak melakukan kerjasama dengan agen pengiriman tersebut. 


VII. Melakukan Pembayaran

Setiap cargo biasanya melayani pembayaran barang dagangan kita ke china. Kita mengirim uang ke rekening bank lokal agen pengiriman dan biasanya dalam waktu 2 hari uang kita sudah dikirim ke china dan biasanya dipegang oleh kepala gudang cargo di china. Tetapi perlu diperhatikan bahwa setiap kebijakan cargo berbeda beda dalam hal kebijakan membantu pembayaran ke penjual produk di china. 

Ada cargo yang menetapkan fee Rp.100.000 sampai Rp. 150.000 per transfer uang. Ada juga yang menggratiskan transfer uang ke penjual dan itu sebagai bagian dari layanan ke pengguna jasa cargo, oleh karna itu anda bisa menanyakan pembayaran ke penjual di china kepada cargo anda.

Jika anda setuju dengan penjual dan sudah mengetahui total pembelian dan menghubungi cargo anda untuk membantu proses pembayaran maka ada baiknya anda  melakukan transfer uang pada hari yang sama setelah pihak cargo memberitahukan berapa total yang harus di transfer karena berdasarkan nilai tukar rupiah dan yuan. Jika anda melakukan transfer keesokan harinya ditakutkan nilai tukar rupiah terhadap yuan berubah. 


VIII. Memastikan Barang Anda di kirim ke Gudang Forwarder di China

Setelah anda mempunyai cargo yang siap mengirimkan barang anda dari china ke indonesia dan sudah mempunyai kesepakatan dengan penjual dalam hal harga dan jumlah barang yang dibeli dan  anda pun sudah menghubungi agen pengiriman anda mengenai kesepakatan pembayaran dan mentransfer uang pembayaran dan telah mendapatkan Marking Code pengiriman anda langkah penting selanjutnya adalah anda harus memberitahukan kepada penjual untuk menuliskan marking code anda di bungkus paket anda. Kemudian minta kepada penjual untuk memfotokan paket anda yang sudah tertulis Marking Code anda.

Kemudian mintalah kepada penjual agar mengirimkan ke gudang cargo anda di kota yiwu / guanzhou (Biasanya anda akan memperoleh alamat gudang agen pengiriman anda ketika anda sepakat mengunakan layanan agen pengiriman tersebut) dan memfotokan receipt invoice (tanda terima) dari gudang cargo dan memfotokan paket anda yang sudah di labeli dengan sticker dari kargo anda beserta marking codenya.

Setelah barang sampai di gudang cargo kemudian uang sudah dibayarkan oleh agen pengiriman kepada penjual biasanya penjual sudah sering melakukan transaksi dengan cara ini maka mereka dengan senang hati melakukan proses tersebut. Jika penjual ingin uang lebih dahulu ke rekeningnya baru barang dikirim ke gudang, saran saya cari penjual lain saja untuk menghindari segala bentuk penipuan. Cari penjual yang mau melakuakn transaksi sesuai prosedur ini.

Setelah segala proses di atas selesai maka anda akan menerima sms atau telepon dari cargo bahwa barang anda sudah di gudang yiwu dan menunggu pross pengapalan untuk dikirim ke indonesia.


IX. Menunggu Barang Sampai ke Rumah Anda

Proses pengiriman dari kota yiwu ke jakarta membutuhkan waktu sekitar 4 minggu atau sekitar 1 bulan. Jika sudah sampai di jakarta pihak cargo akan mengkonfirmasi bahwa barang sudah di jakarta dan mau dikirim ke kota anda menggunakan ekspedisi apa.

Perlu diketahui bahwa barang anda sudah tidak dikenakan pajak oleh bea cukai karena banrang anda sudah dikenakan pajak per container buka persatuan barang. Harga pajak per container sudah dihitung dalam biaya pengiriman anda oleh pihak agen pengiriman.
Inilah rahasia kenapa barang anda tidak dikenakan pajak lagi oleh bea cukai semua sudah di urus oleh agen pengiriman anda kepada bea cukai.